Anda sibuk bekerja dan ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi ?, silahkan bergabung dengan Program Kelas Karyawan Universitas Widyatama Bandung

Program Kelas Karyawan Universitas Widyatama Bandung bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang bekerja melanjutkan pendidikannya ke Jenjang Diploma 3 (D3), Diploma 4 (D4), Sarjana (S1), Pascasarjana (S2) dan Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK).

Waktu kuliah dapat dipilih Senin sampai Minggu. Biaya studi sangat terjangkau dan dapat diangsur sesuai kemampuan.

Telah dibuka Program Studi Magister Akuntansi (S2)

Universitas Widyatama pada tanggal 5 Februari 2013 telah membuka Program Studi Akuntansi (S2) dengan Izin penyelenggaraan dari Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Perguruan Tinggi Nomor : 41/E/O/2013 Tanggal 5 Februari 2013.Segenap Civitas Akademika Universitas Widyatama Mengucapkan Selamat dan Sukses telah dibukanya Program Studi Magister Akuntansi (S2).Sehubungan telah dibukanya Program ini, Kami membuka kelas bagi yang ingin melanjutkan lagi kuliah di Program Studi Magister Akuntansi (S2). Silahkan daftar diri anda ke gedung Pascasarjana di Jln. PHH. Mustofa No. 59 Bandung tlp (022) 7277654.Ucapan selamat tertanda : Civitas Akademika Universitas Widyatama Bandung

Fakultas Bisnis dan Manajemen S1 Telah Meraih Akreditasi "A" untuk tahun 2013 - 2018

Sehubungan telah diterimanya Surat Keputusan Badan Akrediatasi Perguruan Tinggi Nomor : 091/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/II/2013 Tanggal 21 Februari 2013 Universitas Widyatama telah mendapat nilai peringkat “A”.Segenap Civitas Akademika Universitas Widyatama Mengucapkan Selamat dan Sukses atas Perolehan Peringkat Akrediatasi “A” Program Studi Manajemen S1 Fakultas Bisnis & Manajemen Universitas Widyatama.Ditengah persaingan yang ketat, Program Studi Manajemen S1 Fakultas Bisnis & Manajemen, dapat mempertahankan akreditasinya. Akreditasi ini berlaku untuk Tahun 2013 – 2018 sehangga seluruh lulusan aman untuk 5 tahun kedepan dalam mencari pekerjaan di dunia industri dan usaha baik negeri dan swasta.

Pendidikan Profesi Akuntansi - PPAk Universitas Widyatama Bandung


PENDAHULUAN

Sejak awal kemerdekaan gelar profesi akuntansi di Indonesia hanya diberikan oleh Panitia ahli sesuai dengan Undang-undang No. 34 tahun 1954 yang beregister Negara dari Dep. Keuangan RI dilaksanakan secara nasional.

Kini gelar profesi akuntansi diberikan hanya kepada lulusan "Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)" yang terdaftar di Dep. Keuangan RI dan mendapatkan register Negara.

Universitas Widyatama yang sudah berpuluh-puluh tahun menekuni Pendidikan di bidang Akuntansi, tampil kedepan menjadi salah satu Universitas yang diberi kewenangan untuk menyelenggarakan "Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)" sesuai dengan surat Izin Ditjen Dikti No. 2780/D/T/2004 sejak 16 Juli 2004 dan diperpanjang dengan surat Izin Ditjen Dikti No. 001/BAN-PT/Ak-I/PP/XII/2009 yang mampu menghasilkan akuntan professional, handal dan beregister negara sebagai jawaban terhadap tantangan kebutuhan kondisi tersebut.

Lulusan Program PPAk - Widyatama mendapat ijazah dari Universitas Widyatama dan berhak menyandang sebutan AKUNTAN (Ak). Dengan Ijazah tersebut lulusan dapat mendaftar ke Departemen Keuangan untuk mendapatkan nomor Registrasi Akuntan (pengurusan Register Negara dilakukan oleh PPAk Widyatama)

TANTANGAN
  • Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat dalam abad ini, menjadikan pemicu (trigger) perubahan-perubahan terhadap seluruh aspek kehidupan.
  • Dalam dunia bisnis global, dunia seperti tidak ada batas, sehingga perusahaan yang ingin tetap survive dituntut kemampuan mensinergikan seluruh sumber dayanya dengan cara mewujudkan good corporate governance secara optimal.
  • Untuk itu sebagai salah satu jawaban terhadap tantangan bisnis global yang kompleksitasnya semakin tinggi khusus para akuntan dituntut supaya lebih profesional, handal dan berintegritas tinggi.

WAKTU KULIAH

Program PPAk - Widyatama menyelenggarakan waktu perkuliahan sbb:
- Kelas Weekday, Senin – Jumat (Senin s.d Jumat Pukul 18.30 - 21.00 WIB)
- Kelas Weekend,  Jumat & Sabtu (Jumat Pukul 18.30 - 21.00, Sabtu Pukul 08.00 -16.30 WIB)

KURIKULUM

Kurikulum Program PPAk - Widyatama sebagian besar berisikan materi aplikasi dan konsep akuntansi yang dapat diaplikasikan dalam dunia praktik dan memperhatikan kebutuhan pengguna jasa akuntansi.

Kurikulum dan Silabus Program PPAk - Widyatama berdasarkan Panduan Penyelenggaraan PPAk yang dikeluarkan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Kurikulum berjumlah 26 SKS (masa studi hanya 8 bulan), yang terdiri atas sembilan mata kuliah, tanpa tugas akhir sebagai barikut:

NoMata KuliahJumlah SKS
1Etika Bisnis dan Profesi3
2Perpajakan3
3Praktik Audit3
4Lingkungan Bisnis dan Hukum Komersial3
5Pasar Modal dan Manajemen keuangan3
6Pelaporan dan Akuntansi Keuangan3
7Akuntansi Manajemen dan Biaya3
8Internal Audit3
9Sist Informasi Akuntansi dan Teknologi 2
TOTAL SKS26

CATATAN : Nama dan content mata kuliah bisa berubah mengikuti ketentuan terbaru yang ditetapkan oleh KERPPA-IAI (Komite Evalusi dan Rekomendasi Pendidikan Profesi Akuntansi Ikatan Akuntan Indonesia)

FASILITAS PENDIDIKAN


  • Ruang kuliah yang nyaman dan ber-AC, dilengkapi LCD dan Internet
  • Lab. Komputer dengan aplikasi software Akuntansi terkini
  • Perpustakaan yang lengkap
  • Ruang baca dan diskusi
  • Parkir kendaraan yang luas

PERSYARATAN CALON MAHASISWA

  1. Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 250.000 yang ditransfer ke bank NISP No Rek. 6111-30000-388 a/n Yayasan Widyatama
  2. FC Ijasah Pendidikan Strata-1 Akuntansi dari Perguruan Tinggi terakreditasi
  3. FC Transkrip Pendidikan Strata-1 Akuntansi dari Perguruan Tinggi terakreditasi
  4. FC Hasil Test TOEFL yang masih berlaku minimal score 450
  5. Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 dua lembar dan 2 x 3 dua lembar
  6. Mengisi formulir pendaftaran
  7. Bagi mahasiswa S-1 Jurusan Akuntansi (Fak. Ekonomi/STIE) yang diperkirakan akan lulus dalam jangka waktu 6 bulan yang akan datang dapat mengikuti USM

UJIAN MASUK

  • Penerimaan Mahasiswa Baru dilaksanakan sepanjang tahun, untuk waktu perkuliahan setiap periode adalah bulan Februari, Juni, Oktober
  • USM dilakukan setiap hari Sabtu sesuai ketentuan
  • Hasil USM digunakan untuk menentukan apakah calon peserta yang gagal dalam USM, dapat mengikuti kembali USM untuk materi yang dinyatakan gagal.
  • Hasil USM berlaku efektif untuk mendaftar di PPAk Widyatama selama 6 bulan terhitung sejak tanggal pengumuman hasil USM
  • Setiap calon peserta PPAk-Widyatama wajib mengikuti tes validasi kompetensi / Uji Saringan Masuk (USM) yang meliputi materi :
1.    Akuntansi Keuangan
2.    Akuntansi Manajemen
3.    Auditing

BIAYA PENDIDIKAN

Total Biaya Pendidikan Rp.    13.370.000,-, dapat diangsur bulanan dengan Pembayaran Pertama Rp. 1.500.000,-

Untuk alumni Universitas Widyatama mendapat potongan

Biaya ini termasuk Pengurusan register negara untuk Akuntan ke Dep. Keuangan RI dilakukan oleh PPAk Widyatama dan terdaftar sebagai anggota IAI

STAFF PENGAJAR

  1. Prof. Dr. Hj. Koesbandijah A.K., M.S.,Ak
  2. Prof. Dr. H. Karhi Nisjar Sardjudin.,M.M.,Ak
  3. Prof. Dr. Hiro Tugiman, Ak., QIA
  4. Prof. Dr. H. Mohammad Zain, Drs.,CPA
  5. Prof. Dr. Sukrisno Agoes, M.M., Ak
  6. Prof. Dr. Tb. Hasanudin, CPA., Ak
  7. Prof. Dr. H. Ach. Djuaeni Kadmasasimita, SE., M.Ec
  8. Dr. H. Islahuzzaman, S.E., M.Si.,Ak
  9. Dr. Nina Nurani, S.H., M.Si.
  10. Dr. Ristandi Suharjadinata, S.E., M.Si., Ak
  11. Dr. H. Harry Suharman, S.E.,M.S.,Ak
  12. Dr. Hj. Rubiandini S, S.E.,M.Si.,Ak
  13. Dr. Veronica Christin, S.E., M.Si.,Ak
  14. Dr. H. Nuryaman, S.E., M.Si., Ak
  15. H. Supriyanto Ilyas, S.E.,M.Si.,Ak
  16. Ludovicus Sensi Wondabio, S.E., MM.,BAP
  17. Diana Sari, S.E., M.Si.,Ak
  18. I Nengah Seroma, Drs., M.M.,Ak
  19. Nunung Badruzaman, Drs.,MSPA.,MBA.,CAF.,Ak
  20. Ibnu Rachman, Drs., M.M., Ak. ,QIA
  21. Nuryantoro, Drs., S.E.,Ak.,MBAT.,QIA
  22. Nanang Sasongko, S.E.,Ak.,BAP
  23. Sri Hartoko, S.E.,MBA.,Ak
  24. Bambang Budi Tresno, S.E.,Ak.,BAP
  25. R. Wedi Rusmawan Kusumah, S.E., M.Si., Ak
  26. Elsa Sudrajat, S.E.,CPA

PROGRAM MATRIKULASI

Peserta PPAk yang diterima dengan matrikulasi maksimal 3 mata kuliah dengan waktu tempuh 1 bulan. Jumlah mata kuliah yang hams ditempuh bergantung hasil USM. Matrikulasi dapat diikuti oleh mahasiswa S-1 jurusan akuntansi yang diperkirakan lulus dalam jangka waktu 6 bulan yang akan datang. Biaya matrikulasi akan disampaikan pada saat peserta USM PPAk dinyatakan diterima di PPAk Widyatama

JADWAL PENDAFTAR Klik Disini

PENDAFTARAN ONLINE Klik Disini




Putih Abu Membanjiri English Festival Universitas Widyatama

Ratusan siswa SMA dan SMK se-Bandung raya memadati Gedung Serbaguna Universitas Widyatama mengikuti kegiatan English Festival (E-Fest) 2013 yang diselenggarakan oleh program studi Bahasa Inggris mulai Senin (25/2) hingga Selasa (26/2). Berbagai lomba dan kompetisi diselenggarakan dalam kegiatan tahunan terdiri dari lomba pidato (speech contest), lomba karya tulis (writing contest), kompetisi bernyanyi (English Singing contest) dan lomba membaca berita (news reading contest). Berbeda dengan penyelenggaraan tahun – tahun sebelumnya, kali ini penyelenggara menambah mata lomba yaitu lomba drama jenaka (Parody Contest) dimana para peserta akan menyajikan pagelaran kabaret dengan materi cerita – cerita lokal seperti dongeng Malin Kundang, Timun mas, Lutung Kasarung yang dikemas dalam dialog bahasa Inggris.

“E-fest merupakan  titik temu para talenta muda berjiwa kompetisi dan ingin mengukur kemampuan berbahasa Inggris dalam kebutuhan yang berbeda”, ujar Alvii, Ketua Pelaksana E-Fest 2013 sekaligus dosen Pembina di  Fakultas Bahasa. Dari tahun ke tahun jumlah peminat semakin meningkat, sehingga tahun ini kami menambah  mata lomba untuk mewadahi kreatifitas para siswa, tambahnya.

Paguyuban Rajut Muda Bandung Dukung Ridwan Kamil

 Paguyuban Rajut Muda Bandung menyatakan dukungannya pada bakal calon walikota Bandung Ridwan Kamil. Mereka menilai program-program Ridwan Kamil dinilai baik untuk memajukan Sentra Rajut Binong Jati.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Paguyuban Rajut Muda Bandung, Cepi Andriana, kepada detikcom, Rabu (3/4/2013). "Kami siap mendukung Ridwan Kamil. Jadi atau tidak beliau jadi wali kota, beliau berjanji akan membantu kita. Jadi kita akan dukung penuh," ujarnya.

Menurut Cepi, bentuk dukungan yang dilakukan mereka yakni menjadi relawan untuk Ridwan Kamil. "Programnya sudah kita dengar sendiri, maka itu perwakilan dari UKM di sini akan menjadi relawan Ridwan Kamil," ungkapnya.

Di tempat terpisah Ridwan Kamil mengatakan, masalah utama di Sentra Rajut Binong Jati ini adalah infrastuktur. Padahal menurutnya, kawasan tersebut sangat potensial.

"Mimpi saya, selain jadi sentra rajut, juga bisa jadi wisata belanja. Orang itu bosan kalau berbelanja ke tempat serius seperti mal-mal. Wisatawan juga bisa datang sendiri ke sini beli barang langsung pulang," terangnya.

Jelang UN Tingkat SMA, 'Kunci Jawaban' Diperjualbelikan di Bandung

Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Kota Bandung mencium indikasi praktik penipuan bermodus menjual sejenis kunci jawaban ujian nasional (UN) 2013 kepada siswa tingkat SMA dan sederajat. FAGI mengimbau para siswa SMA peserta UN jangan percaya dengan modus tersebut.

UN tingkat SMA dan sederajat berlangsung 15-17 April mendatang. "Tidak mungkin kunci jawaban bocor. Apalagi soal UN saat ini menggunakan barcode. Selain itu satu mata pelajaran itu ada 20 paket atau soal. Jelas sangat sulit kebocoran jawaban terjadi," jelas Ketua FAGI Kota Bandung Iwan Hermawan kepada wartawan di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung, Rabu (3/4/2013).

Menurut Iwan, indikasi penipuan modus ini terungkap dua hari lalu setelah adanya pengakuan beberapa siswa di salah satu SMA negeri di Bandung. Mereka mengaku membayar kepada pihak yang mengiming-imingi sejenis kunci jawaban UN. Harga jualnya Rp 40 ribu untuk semua pelajaran diujikan.

"Sesuai perjanjian, siswa terlebih dahulu membayar uang muka 20 ribu rupiah. Sisa uang harus dilunasi seminggu sebelum pelaksanaan UN. Di sekolah itu para siswa sudah menyerahkan setengah uang yang terkumpul sebanyak delapan juta rupiah. Nah, sejenis kunci jawaban disebar via SMS atau pesan singkat beberapa jam sebelum UN," tutur Iwan.

Iwan mengklaim FAGI langsung melakukan penelusuran. Ternyata, sambung dia, modus dan pola serupa terjadi di sejumlah SMA negeri lainnya. Namun harga jual variatif. Ada Rp 50 ribu hingga Rp 75 ribu. Berdasarkan pengakuan siswa, kata Iwan, rantai praktik penipuan ini diduga melibatkan pihak luar sekolah yang bersindikat.

"Hampir semua menyebut, penjualnya disinyalir oknum alumni sekolah yang berperan sebagai koordinator wilayah. Nah, diduga oknum alumni ini menggaet siswa peserta UN untuk menjadi koordinator. Ada siswa jadi koordinator sekolah, jurusan, dan kelas. Setelah itu koordinator para siswa menyetor uang kepada koordinator wilayah. Temuan kami, caranya seperti itu semua di beberapa sekolah. Tapi kami menduga di seluruh SMA sama juga," tuturnya.

Iwan enggan membeberkan sekolah dimaksud lantaran pihaknya masih berkoordinasi dengan aparat kepolisian. Jumlah SMA negeri dan swasta di Bandung ada 140. SMK negeri dan swasta jumlahnya 75. Rata-rata tiap sekolah ada 400 siswa. "Sindikat penipu modus jual sejenis kunci jawaban UN itu dikabarkan menargetkan 20 juta rupiah per sekolah," ucapnya.

Pihak Polrestabes Bandung, kata Iwan, harus segera bergerak menyelidiki dan mengungkapnya. "Jelaslah penipuan. Iming-imingnya menjual sejenis kunci jawaban. Orang diduga bersindikat itu sudah mengambil uang siswa. Padahal belum tentu sejenis kunci jawaban UN itu akurat. Itu 'kan sepekulasi. Jadi, hal tersebut perbuatan melawan hukum. Harus ada tindakan polisi. Siswa-siswa ini menjadi korban," tegasnya.

Iwan pun menyebutkan Rabu pagi tadi, salah satu SMA negeri di wilayah Bandung Timur 'menangkap' salah satu pria dari pihak luar sekolah yang melakukan praktik tersebut. Tetapi, lanjut Iwan, oknum itu 'dilepas' pihak sekolah lantaran mengembalikan uang siswa sebesar Rp 9 juta.

"FAGI mengingatkan, para siswa jangan percaya dengan iming-iming adanya pihak yang menjual sejenis kunci jawaban. Adanya modus seperti itu, justru merusak atau membuyarkan konsentarsi peserta UN. Diimbau siswa dan pihak sekolah pro aktif memantau. Serta segera melaporkan jika menemukan orang yang mengaku menjual sejenis kunci jawaban," tutup Iwan.

Sementara itu, siswi berinisial A (17), menegaskan memang ada pihak yang menjual sejenis kunci jawaban UN 2013. A yang dikonfirmasi via telepon, membeli seharga Rp 70 ribu dari orang yang mengaku alumni di sekolahnya. "Sudah nyicil dua kali atau sebesar 40 ribu rupiah. Sisanya nanti mau dilunasin empat hari sebelum hari pertama UN," kata A yang bersekolah di salah satu SMA negeri di Bandung Timur.

Apa percaya sejenis kunci jawaban itu bocor? "Kalau tahun lalu, adanya sejenis jawaban itu akurat. Itu pengalaman kakak kelas saya yang dulu," ungkapnya.

Polrestabes Bandung Siap Selidiki Penjualan 'Kunci Jawaban' UN

Polrestabes Bandung siap menyelidiki kabar gerak gerik penjual 'kunci jawaban' ujian nasional (UN) tingkat SMA. Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Bandung mencium indikasi praktik tersebut yang diduga modus penipuan.

"Kabar itu 'kan belum tentu benar, baru dugaan saja. Tapi kami siap menelusuri. Namun begitu, kami meminta ada pihak yang membuat laporan resmi kepada polisi agar segera ditindaklanjuti," jelas Kasubaghumas Polrestabes Bandung Kompol Rosdiana saat dikonfirmasi via telepon, Rabu (3/4/2013).

Rosdiana menyebutkan, ada mekanisme yang harus dilalui sebelum proses penyelidikan dilakukan. Sebab, kata dia, pihak kepolisian tidak mungkin bergerak jika tanpa berbekal laporan atau aduan masyarakat.

"Membuat pengaduan atau laporan itu 'kan sebagai bukti yang menjadi dasar polisi untuk menyelidiki. Hingga saat ini belum ada laporan yang masuk mengenai dugaan penjual sejenis kunci jawaban UN," singkat Rosdiana.

Mahasiswa dan Pelajar Bandung Tolak RUU Ormas Sambil Teatrikal


Aliansi Pemuda, Mahasiswa, dan Pelajar Bandung Raya menyuarakan penolakan terhadap RUU Ormas. Mereka menggelar aksi di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (5/4/2013).

Sekitar 200 orang ikut dalam aksi itu. Massa berdiri menghadap ke jalan. Massa laki-laki ada di sebelah, perempuan di kanan, sedangkan mobil sebagai panggung orasi ada di tengah-tengah mereka.

Mereka membawa sejumlah poster dan spanduk berisi penolakan terhadap RUU Ormas, di antaranya 'RUU Ormas Membungkam Sikap Kritis Masyarakat, Bukti Kemunafikan Demokrasi' dan 'RUU Ormas Membangkitkan Trauma Masyarakat Terhadap Otoritarianisme Gaya Orde Baru'.

Aksi teatrikal pun dilakukan. Empat pria berdiri di depan massa. Masing-masing memakai kertas di dada dengan tulisan ormas, gerakan mahasiswa, rakyat, dan pemerintah.

Dalam aksinya, pria yang memakai tulisan pemerintah mengikatkan tali terhadap tiga pria lainnya satu per satu di bagian leher. Itu sebagai simbol pengekangan terhadap ormas, gerakan mahasiswa, dan rakyat. Mulut tiga pria itu pun dilakban agar tidak bisa bicara.

"Kami menolak RUU Ormas yang berpotensi besar dijadikan alat oleh pemerintah untuk membungkam sikap kritis masyarakat," kata Ipank Fatin Abdullah sebagai juru bicara massa.

Ia juga menilai RUU Ormas sebagai bukti nyata bahwa sistem demokrasi adalah ilusi yang membodohi. "Faktanya, penetapan azas tunggal adalah bentuk kemunafikan sempurna terhadap teori demokrasi, hasil pengkhianatan para penguasa untuk melanggengkan rezimnya," tegasnya.

Mereka pun menyerukan kepada semua pihak untuk menolak tegas RUU Ormas, serta bersama-sama menegakkan kembalinya syariah dan khilafah.

Aksi tidak mengganggu lalu lintas. Puluhan polisi berjaga di sekitar lokasi. Sementara massa selain giliran orasi juga membagikan kertas berisi pernyataan sikap kepada pengendara yang melintas di lokasi.

Walikota Bandung Siap Temui KPK

Walikota Bandung Dada Rosada mengisyaratkan dirinya siap memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk dimintai keterangan terkait penangkapan dua anak buahnya oleh Komisi Antirasuah karena diduga menyuap hakim Pengadilan Tipikor Bandung.

“Kita lihat proses yang berkembang nanti. Kan dari Presiden sampai Bupati/Walikota harus ikuti proses itu,”ujar Dada di sela acara di sebuah toko buku di Jalan Soekarno Hatta, Bandung, Sabtu, 23 Maret 2013.

Dada sendiri mengaku belum mendapatkan penjelasan resmi dari Komisi Antikorupsi ihwal penangkapan pejabat Kota Bandung Hery dan Pupung. Ia mengaku baru mengetahui kasus itu dari media.

“Saya belum bisa jelaskan soal itu sebelum ada proses lanjutan,” kata dia. “Yang jelas saya merasa prihatin (adanya penangkapan Hery dan Pupung). Tapi saya tetap pegang asas praduga tak bersalah,” katanya.

Jumat lalu, petugas KPK mencokok wakil ketua Pengadilan Negeri Bandung, Setyabudi Tejocahyono, di ruang kerjanya di Bandung. Dia tertangkap tangan menerima duit suap Rp 150 juta dari seorang bernama Asep yang diduga kuat suruhan seseorang di Pemkot Bandung. (Kronologi penangkapan hakim)

Selain mereka, Komisi juga menciduk Hery dan Pupung . Kedua pejabat Pemkot Bandung itu ditangkap di ruang kerjanya di Balai Kota Bandung. Kedua pejabat diduga mengetahui soal pemberian uang itu.

Juru bicara Komisi Antikorupsi, Johan Budi, mengatakan, penyuapan Setyabudi diduga terkait penanganan perkara korupsi dana bantuan sosial Kota Bandung sekitar Rp 66 miliar di Pengadian Tipikor Bandung. Setyabudi adalah ketua majelis hakim persidangan perkara yang diputus beberapa bulan lalu itu.

Adapun Hery adalah salah satu pejabat yang disebut dalam dakwaan jaksa penuntut umum terlibat kasus korupsi bantuan sosial tersebut. Selain dia, mereka yang terlibat adalah 7 staf dan pegawai Pemkot Bandung yang sudah divonis 1 tahun penjara oleh Setyabudi.

Alumni ITB Berikan 200 Beasiswa

Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) menyiapkan beasiswa bagi 200 siswa lulusan SMA sederajat dari keluarga tidak mampu untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi tersebut.

"Selama ini, ITB dinilai sebagai perguruan tinggi yang eksklusif yang hanya bisa dijangkau oleh masyarakat kaya. Tetapi melalui alumni ITB peduli pendidikan kami ingin mengembalikan bahwa ITB milik semua kalangan," kata Koordinator Alumni ITB Peduli Pendidikan Eddy Purnomo, saat melakukan sosialisasi di SMA Muhammadiyah I Kota Magelang, Rabu.

Ia menyebutkan, beasiswa yang disiapkan tersebut meliputi biaya perkuliahan dan biaya hidup. Diperkirakan setiap penerima beasiswa akan mendapat sekitar Rp 500.000 per bulan. Namun, jumlah tersebut masih akan disesuaikan dengan kebutuhan.

Ia menuturkan, nilai itu memang sudah standar, tetapi akan dilihat dulu kebutuhan terutama biaya indekos, karena harga per bulan tidak sama.

Eddy menuturkan, untuk mendapatkan beasiswa, calon mahasiswa harus menyertakan surat keterangan tidak mampu (SKTM) yang ditandatangani oleh orangtua dan aparat desa.

"Hanya sekadar keterangan saja. Satu lembar cukup, asalkan ada tandatangan dari pihak keluarga dan desa. Setelah itu akan ada seleksi lagi, karena kami tidak mau ada orang yang sebenarnya mampu tetapi masuk dalam program ini," tuturnya.

Menurut dia, gagasan untuk melakukan program Alumni ITB Peduli Pendidikan ini bermula dari keprihatian terhadap penilaian masyarakat yang menganggap ITB merupakan perguruan tinggi eksklusif.

Sebelumnya, biaya pendidikan di ITB sangat mahal yakni sekitar Rp 50 juta hingga Rp 100 juta sebagai uang pangkal.

"Dari situlah kemudian muncul gagasan untuk melakukan terobosan, yakni Alumni ITB Peduli Pendidikan. Jadi, bagi siapa pun dari latar belakang apa pun punya kesempatan mengenyam pendidikan di ITB, dan saat ini sudah tidak lagi dipungut uang pangkal," lanjutnya.

Ia mengatakan, sosialisasi program Alumni ITB Peduli Pendidikan akan dilakukan di sejumlah daerah di Indonesia. Selama ini pihak ITB sudah mendatangi sedikitnya 16 sekolah di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

"Semarang, Magelang, Yogyakarta, dan rencananya akan ke Sumatera," ujarnya.

Menurut dia, program tersebut akan dilakukan rutin setiap tahun, karena pendidikan sangat penting bagi kemajuan bangsa dan negara.

Kunjungan STMIK Handayani Makasar

STMIK Handayani Makasar melaksanakan kunjungan dalam rangka peningkatan wawasan dan kemampuan mahasiswa, khususnya dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. STMIK Handayani Makasar melaksanakan study tour dan juga mahasiswa yang sedang memprogramkan PKL (Praktek Kerja Lapangan) dalam bentuk kunjungan pada Perguruan Tinggi dan Instansi yang terkait dengan teknologi informasi di pulau Jawa dan Bali. Dan STMIK Handayani Makasar memilih Universitas Widyatama sebagai salah satu Perguran Tinggi untuk melaksanakan study tour dan mahasiswa PKL (Praktek Kerja Lapangan) yang sedang melaksanakan tugas akhirnya.

Widyatama Tuan Rumah Seleksi OSN 2013


Dinas Pendidikan Kota Bandung menyelenggarakan Seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA di Universitas Widyatama Bandung, Minggu (24/3). Mata lomba yang diujikan adalah Matematika, Ekonomi dan Komputer. “Ratusan siswa dari berbagai SMA dikota Bandung, telah berkumpul sejak pagi untuk mengikuti kegiatan ini”,  Ujar Devy Mawarnie, Kepala Biro Marketing  Universitas Widyatama. Ini merupakan bentuk partisipasi Perguruan Tinggi kepada dinas terkait dalam upaya suksesi perwakilan kota Bandung untuk kegiatan Olimpiade Sains tingkat Propinsi bahkan Nasional, tambahnya.

Peserta yang lolos seleksi akan diikutsertakan pada OSN yang direncanakan akan diselenggarakan diBandung. Olimpiade Sains Nasional merupakan kompetisi bidang sains bagi para siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan propinsi. Olimpiade Sains Nasional diadakan setiap tahun di kota yang berbeda-beda. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada olimpiade-olimpiade tingkat internasional.

Pendaftaran Mahasiswa Baru

A. BIAYA PENDAFTARAN:
  • Program D4 dan S1: Rp. 200.000,-
  • Program S2:  Rp. 250.000,-
B. JADWAL PENDAFTARAN SEMESTER GANJIL 2014/2015

Jadwal pendaftaran Mahasiswa terdiri dari 3 Gelombang, yaitu:
- Gelombang I : 12 April 2014 – 1 Juni 2014
- Gelombang II : 2 Juni 2014 – 13 Juli 2014
- Gelombang III: 14 Juli 2014 – 16 Agustus 2014


Kuliah dimulai 6 September 2014
 

PENDAFTARAN ONLINE Klik Disini 

C. WAKTU PENDAFTARAN
Waktu pendaftaran setiap hari termasuk hari Sabtu dan Minggu pada jam 09.00 – 17.00 WIB

D. TEMPAT PENDAFTARAN
Tempat Pendaftaran Sekretariat Program Kelas Karyawan Universitas Widyatama
 
E. CARA PENDAFTARAN
- Membayar biaya pendaftaran
- Mengisi Formulir Pendaftaran
- Mengisi Form Surat Jadwal Pembayaran Angsuran Kredit Biaya Pendidikan
- Materai 6000 satu lembar
- Foto copy KTP satu lembar
- Pasfoto berwarna ukuran 3×4 satu lembar
- Menyerahkan berkas pendaftaran:Untuk Lulusan SMU/SMK/sederajat:
- 2 lembar Foto copy ijazah SMU/SMK/sederajat yang dilegalisir
- 2 lembar Foto copy Transkrip Nilai yang dilegalisir

Untuk Lulusan Sarjana (S1) dan D-3/Politeknik/sederajat:
- 2 lembar Foto copy ijazah Sarjana (S1) atau D-III/Politeknik/Akademi yang dilegalisir
- 2 lembar Foto copy Transkrip nilai yang dilegalisir

Catatan: Jika Ijazah dan Transkrip nilai belum dilegalisir maka dapat menunjukan
Ijazah dan Transkrip Nilai yang asli pada saat pendaftaran.
 
F. KULIAH PERDANA 
a. Pelantikan dan Pengarahan Mahasiswa Baru: 31 Agustus 2014
b. Kuliah Perdana:
  • 6 September 2014 Untuk yang memilih perkuliahan di hari Sabtu dan Minggu
  • 8 September 2014 untuk yang memilih perkuliahan di hari Senin s/d Jumat (Sore)

Waktu Kuliah

1. PROGRAM D4 dan S1:
Waktu kuliah bisa dipilih:
  • Senin- Jum’at jam 18:00-21:30 WIB
  • SABTU : Jam 08.00 s/d 17.30 WIB dan Elearning
  • MINGGU: Jam 08.00 s/d 17.30 WIB dan Elearning
Masing-masing diiringi dengan istirahat untuk sholat, makan, melepas kejenuhan
2. PROGRAM PASCASARJANA (S2)
Waktu kuliah dapat dipilih:
  • SENIN – KAMIS : Jam 18.30 s/d 21.30 WIB
  • SABTU : Jam 08.00 s/d 18.30 WIB atau
  • MINGGU: Jam 08.00 s/d 18.30 WIB
Masing-masing diiringi dengan istirahat untuk sholat, makan, melepas kejenuhan
3. PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk)
Waktu kuliah dapat dipilih:
  • SENIN – KAMIS : Jam 18.30 s/d 21.00 WIB
  • SABTU : Jam 08.00 s/d 20.00 WIB atau
  • MINGGU: Jam 08.00 s/d 20.00 WIB
Catatan : Jika diperlukan, pembagian waktu di atas dapat saja berubah sesuai kesepakatan antara Mahasiswa, Dosen dan Pengelola

Biaya Studi


Pada prinsipnya Kelas Karyawan Universitas Widyatama berusaha membantu calon mahasiswa dalam membayar biaya pendidikannya secara proporsional sesuai dengan kemampuan masing-masing calon mahasiswa.
Semua Biaya Pendidikan dapat diangsur sesuai kemampuan Mahasiswa.
A. PROGRAM SARJANA (S1) dan DIPLOMA 4 (D4)
1.  Lulusan SMU/SMK atau yang sederajat
Biaya studi bisa dibayarkan bulanan sebesar Rp. 990.000 per bulan, sudah termasuk semuanya (Cicilan Uang Pembangunan dan Uang Kuliah Semester) dengan rinciannya sebagai berikut:
a. Uang Pembangunan: Rp. 9.900.000,-
  • Uang Pembangunan ini dapat diangsur sampai 36 kali dalam waktu 36 bulan
  • Pembayaran Minimal Pertama Rp. 1.500.000,-
  • Jika membayar lunas di berikan potongan Rp. 500.000,-
b. Uang Kuliah per Semester: Rp. 4.500.000
  • Uang Kuliah sudah termasuk uang 18 sks (Rp. 250.000/sks), uang ujian, dan praktikum
  • Uang Kuliah dapat diangsur 6 kali dalam satu semester (6 bulan)
  • Jika membayar lunas di berikan potongan Rp. 150.000,-
Lihat Tabel Cicilan Biaya Studi Klik Di Sini
2.  Lulusan D3/Politeknik/Akademi dan sederajat (Alih Program):
Biaya studi bisa dibayarkan bulanan sebesar Rp. 1.080.000 per bulan, sudah termasuk semuanya (Cicilan Uang Pembangunan dan Uang Kuliah Semester) dengan rinciannya sebagai berikut:
a. Uang Pembangunan: Rp. 9.000.000,-
  • Uang Pembangunan ini dapat diangsur sampai 24 kali dalam waktu 24 bulan
  • Pembayaran Minimal Pertama Rp. 1.500.000,-
  • Bagi Lulusan D3 Universitas Widyatama diberikan Potongan 50%
  • Jika membayar lunas di berikan potongan Rp. 500.000,-
b. Uang Kuliah per Semester: Rp. 4.500.000
  • Uang Kuliah sudah termasuk uang 18 sks (Rp. 250.000/sks), uang ujian, dan praktikum
  • Uang Kuliah dapat diangsur 6 kali dalam satu semester (6 bulan)
  • Jika membayar lunas di berikan potongan Rp. 150.000,-
Lihat Tabel Cicilan Biaya Studi Klik Di Sini
B. PROGRAM PASCASARJANA (S2)
1. MAGISTER MANAJEMEN (MM)
Biaya studi bisa dibayarkan bulanan sebesar Rp. 1.290.000 per bulan, sudah termasuk semuanya dengan rinciannya sebagai berikut:
a. Uang Pembangunan: Rp. 9.900.000,-
  • Uang Pembangunan ini dapat diangsur sampai 24 kali dalam waktu 24 bulan
  • Pembayaran Minimal Pertama Rp. 1.500.000,-
  • Jika membayar lunas di berikan potongan Rp. 500.000,-
b. Uang Kuliah per Semester: Rp. 5.500.000
  • Uang Kuliah dapat diangsur 6 kali dalam satu semester (6 bulan)
  • Jika membayar lunas di berikan potongan Rp. 150.000,-
Lihat Tabel Cicilan Biaya Studi Klik Di Sini
2. MAGISTER AKUNTANSI (MAKSI)
Biaya studi bisa dibayarkan bulanan sebesar Rp. 1.245.000 per bulan, sudah termasuk semuanya dengan rinciannya sebagai berikut:
a. Uang Pembangunan: Rp. 9.900.000,-
  • Uang Pembangunan ini dapat diangsur sampai 24 kali dalam waktu 24 bulan
  • Pembayaran Minimal Pertama Rp. 1.500.000,-
  • Jika membayar lunas di berikan potongan Rp. 500.000,-
b. Uang Kuliah per Semester: Rp. 5.225.000
  • Uang Kuliah dapat diangsur 6 kali dalam satu semester (6 bulan)
  • Jika membayar lunas di berikan potongan Rp. 150.000,-
Lihat Tabel Cicilan Biaya Studi Klik Di Sini
C. PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk)
Biaya studi bisa dibayarkan bulanan sebesar Rp. 1.180.000 per bulan, sudah termasuk semuanya dengan rinciannya sebagai berikut:
1. Uang Pembangunan: Rp. 6.000.000,-
  • Uang Pembangunan ini dapat diangsur sampai 12 kali dalam waktu 12 bulan
  • Pembayaran Minimal Pertama Rp. 1.500.000,-
  • Jika membayar lunas di berikan potongan Rp. 350.000,-
2. Uang Kuliah per Semester: Rp. 4.600.000,-
  • Uang Kuliah dapat diangsur 6 kali dalam satu semester (6 bulan)
  • Jika membayar lunas di berikan potongan Rp. 150.000,-
Lihat Tabel Cicilan Biaya Studi Klik Di Sini

Persyaratan Mahasiswa


A. PROGRAM SARJANA (S1)
1. Lulusan SMU/SMK atau yang sederajat:
  • Masa studi : 8  semester (4 Tahun)
  • Beban Studi (jumlah sks yang harus ditempuh) : 144 sks
2. Lulusan D3/Politeknik/Akademi dan sederajat (Alih Program):
  • Masa studi : 4 semester (2 Tahun)
  • Beban Studi (jumlah sks yang harus ditempuh): 72 sks
B. PROGRAM PASCASARJANA (S2)
  • Masa studi : 4 semester (2 tahun)
  • Beban Studi (jumlah sks yang harus ditempuh): 38 -48 sks
Persyaratan Mahasiswa:
  • Magister Manajemen: Lulusan S1 dari semua bidang studi
  • Magister Akuntansi: Lulusan S1 Akuntansi atau Lulusan S1 bidang studi lain yang memiliki pengalaman kerja di bidang keuangan selama 3 tahun
  • Dinyatakan  lulus test seleksi
  • Bagi mahasiswa pindahan dari perguruan tinggi lain dapat diterima di MM Widyatama sesuai ketentuan yang berlaku
C. PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAK)
Masa Studi: 2 Semester (1 Tahun)
Persyaratan Mahasiswa:
  • Lulusan S1 Akuntansi
  • Dinyatakan  lulus test seleksi

Program Studi


Program Studi yang diselenggarakan adalah:
1. Fakultas Bisnis & Manajemen
a. Manajemen S1 (Akreditasi A)
2. Fakultas Ekonomi
a. Akuntansi S1 (Akreditasi B)
b. Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK)
3. Fakultas Teknik
- Teknik Industri S1 (Akreditasi B)
- Teknik Informatika S1 (Akreditasi B)
- Sistem Informasi S1 (Akreditasi B)
4. Fakultas Desain Komunikasi Visual
- Studi Desain Grafis D4 (Akreditasi B)
5. Fakultas Bahasa
- Bahasa Inggris S1 (Akreditasi B)
6. Program Pascasarjana (S2)
a. Magister Manajemen S2 (Akreditasi B)
Ada 4 konsentrasi, yaitu:
- Magister Manajemen Keuangan
- Magister Manajemen Pemasaran
- Magister Manajemen Sumber Daya Manusia
Magister Manajemen Entrepreneur
b. Magister Akuntansi S2 (Akreditasi C)